Mulai tahun 2021, akan diadakan Asesmen Nasional untuk jenjang SD/MI sampai SMA/SMK/MA, Walaupun disebut Pengganti Ujian Nasional, Asesmen nasional Berbeda sekali dengan Ujian Nasional atau USBN.
Asesmen Nasional 2021 adalah pemetaan mutu pendidikan pada seluruh sekolah, madrasah, dan program keseteraan jenjang sekolah dasar dan menengah. AKM dirancang untuk mengukur capaian peserta didik atau siswa dari hasil belajar kognitif yaitu literasi dan numerasi.Berikut ini adalah gambaran singkat tentang Asesmen Nasional dan Teknis Pelaksanaan Agenda Akhir untuk Jenjang SD/MI- SMA/SMK/MA. Gambaran singkat ini penulis dapatkan saat mengikuti Bimbingan dan Pelatihan Asesmen Nasional 2021 dengan Nara Sumber : Encon Rahman, Beliau adalah salah satu guru dengan prestasi Juara 1 Guru Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2016 dan salah satu guru penerima penghargaan internasional dari pemerintah Thailand. Berikut ini hasil tanya jawab dengan narasumber :
Nama
: Dzakirul Husni
Provinsi
: Kalimantan Timur
Pertanyaan
:
Untuk
Jenjang SD mekanisme pelaksanaan agenda akhir kelas 6 bagaimana kang ?
Jawaban
1.
Agenda akhir kelas 6 sama dgn tahun sebelumnya
2.
Jika sekolah akan mengadakan ujian sekolah untuk kelas 6 dipersilahkan.
Nama
saya Saibah yang mau ditanyakan apa yang
melaatar belakang i kebijakan asesmen Nasional
tahun yang lalu
Jawaban
Yang
melatar belakangi asesmen tahun lalu lebih fokus kepada kebijakan pendidikan
secara makro. Sedangkan yang melatarbelakangi asesmen tahun ini. Lebih kepada
kebijakan merdeka belajar
Nama:
Nurhaida
Propinsi
: Riau
Pertanyaan:
Dengan
pelaksanaan Asesmen apakah dapat meningkatkan mutu pendidikan siswa, bagaimana
cara mengukur kompetensi siswa .๐terima kasih
Jawaban
Asesmen
merupakan pemetaan untuk mengukur mutu pendidikan bukan mengukur personal
siswa. Asesmen nasional adalah cara
mendiagnosa mutu pendidikan.
Cara
mengukur kompetensi siswa yaitu dengan AKM.
Sedangkan
untuk mengukur mutu pendidikan yakni
1.
AKM
2.
Survei karakter
3.
Survei lingkungan belajar
Nama:
Yohana Bana.
Propinsi
: NTT
Pertanyaan:
Jika
tidak ada ujian Nasional,bagaimana cara penilaian akhir untuk siswa SMP
melanjutkan ke jenjang berikutnya Pak ?
Nama
: Afriyanti Ningsih
Propinsi :Jawa Barat
Kab : Bekasi.
Pertanyaan:
1.Jika
tidak ada UN. Apa fungsi assesmen bagi siswa SMA dan SMK?
2.Apakah
ada perbedaan asesmen pada SMK yang masa belajarnya 4 tahun, padahal selama ini
mereka sudah ada uji kompetensi sesuai bidang keahlian mereka.
Jawaban
1.
Fungsi asesmen bagi siswa SMA dan SMK adalah untuk mendiagnosa mutu pendidikan
2.tidak
ada perbedaan.
Nama siti rejeki
Provinsi
jakarta
Pertanyaan
: Kata Minimum mengacu
kepada
tidak semua konten
di
dalam kurikulum diukur di
dalam
AKM.. Itu berarti tidak semua mata pelajaran diukur dengan AKM
Jawabannya
Benar.
Tdk semua konten dalam Kurikulum diukur
dlm AKM. Yang. Menjadi konten ukuran AKM hanya literasi dan numerasi saja.
Nama:
Tri sutrisno
Propinsi:
kepri
Pertanyaan:
Bagaimanakah
cara menentukan nilai kelulusan siswa kelas 6, jika memang ada Soal AKM.
Bagaimanakah bntuk AKM tersebut?
Jawaban
Cara
menilai kelulusan kelas 6
Jawaban
Bentuk
instrumen AKM sebagai berikut.
Nama : Nova Susanti
Provinsi
: Bengkulu
Pertanyaan
:
Bila
anak yg diujiankan sebanyak 45 siswa per sekolah, apakah ini sudah mewakili
untuk jadi alat ukur mutu sebuah sekolah ?
Jawaban
Sudah
mewakili sebagai sampel sebuah instrumen asesmen nasional
Nama
: Minah
Provinsi
: DKI Jakarta
Pertanyaan
:
1.
Klo pd USBN pertanyaan mengukur kognitif peserta didik, bgmn standar pengukuran
pd asesmen ?
2.
Bentuk butir soal asesmen berupa pertanyaan atau pernyataan ?
3.
Apakah tindak lanjut hasil asesmen peserta didik ?
Jawaban
1.
Standar pengukuran pada asesmen juga sama kognitif tetapi bedanya lebih kepada
pemahaman konsep bacaan dan kampuan pada
mengaplikasikan konsep hitung
Jawaban
2.
Bentuk butir soal asesmen kedua duanya. Bisa dicek contohnya pada file yang sdh
dibagikan
3.
RTL dari asesmen nasional adalah untuk memperbaiki mutu pendiikan
Nama
: Kismawati
Provinsi
: Sumatera Barat
Pertanyaan:
Ketika adanya USBN dan UN, nilainya dituliskan dalam SKHUN dan Ijazah dan
digunakan sebagai syarat untuk melanjutkan Pendidikan ke jenjang yang lebih
tinggi. Bagaimana pula dg asesmen ini Kang, apakah Ijah juga akan diganti
dengan bentuk yang lebih sederhana sebagaimana halnya RPP ?
Jawaban
1.
Model ijasah tdk berubah
Masih tetap modelnya seperti yang lama.
2.
Untuk penilaian yang akan ditulis di SKHUN dikembalikan lagi kepada kebebasan sekolah masing masing. Cara memberi
nilainya bisa via ujian sekolah secara mandiri, tes tertulis,
portopolio dll sebagai mana saya paparkan di atas
Nama
: Putri Rudi Yuli S.
Provinsi
: Jawa Timur
Pertanyaan:
Ketika USBN tidak diwajibkan, maka bgmn tolak ukur dalam kelulusan?
Untuk
siswa SMK, maka nilai apakah yg kiranya akan dituliskan dalam ijazah? ๐๐ป
Lalu
apabila asesmen Nasional digunakan untuk mengukur mutu sekolah, apakah tidak
ada pelatihan untuk guru dalam mempersiapkan AKM?
Jawaban
1.
Tolak ukur dalam kelulusan siswa tingkat
akhir dikembalikan lagi kepada sekolah masing-masing. Tdk ada keseragaman dalam
menentukan tolak ukur kelulusan sekarang. Ini. Istilah mas menteri merdeka
belajar. Merdeka dalam Menentukan kebijakan kelulusan berdasarkan masing masing
sekolah.
2.
Untuk siswa SMK nilai yang akan dituliskan dalam ijasah sama seperti tahun
sebelumnya. Karena asesmen nasional ini akan dilaksanakan pada pertengahan
tahun pembelajaran bukan pada akhir tahun pembelajaran.
3.
Tidak ada pelatihan untuk guru dalam mempersiapkan AKM
Assalamualaikum.
Nama:
Afriyanti Ningsih
Prop : Jabar
Kab : Bekasi
Kang,
jika mendengar uraian ini, bisa kah diambil satu kesimpulan bahwa penilaian
kelulusan siswa, hampir sama dengan un atau uasbn, hanya untuksoal disesuaikan
dengansekolah masing2.
Jika
salah pemahaman saya, tolong diluruskan.
Jawaban
Betul.
Model kelulusan siswa tahun ini dipersilahkan kepada masing-masing sekolah.
Adapun
model ujian kelulusannya dikembalikan lg ruhnya kepada sekolah.
Terima
kasih untuk materinya ๐๐
Assalamualaikum.
Nama:
Anna Astuti
Prop : Jatim
Kota : Batu
Sekitar
3 minggu yang lalu ada info dari kementrian pelaksanaan simulasi AKM secara
serentak untuk yang kelas 9, tapi ketika anak-anak sudah di lab ternyata tidak
jadi karena masih ada trouble dalam jaringan atau apa?? (maaf kurang begitu
jelas๐)
1)
kapan dilaksanakan kembali untuk AKM tersebut ya???;
2)
Jika memang peserta AKM dari siswa diambil secara acak, apakah ada persentase
jumlah ketentuan??
3) Untuk mengukur AKM di satuan pendidikan guru juga mengikuti AKM tersebut, pelaksanaanya sebelum siswanya apa setelah siswanya???
Sekallg
terima kasih Kang Encon
1.
Betul seluruh sekolah di Indonesia beberapa waktu lalu giat melaksanakan gladi
bersih AKM. Ada beberapa sekolah yang lancar ada juga yang belum lancar.
2.
Jadwal AKM sebgai berikut.
3.
Peserta AKM adalah siswa adapun aturannya sbb. Siswa SD/MI kelas 5 = 30 siswa.
Siswa SMP SMA SMK dan sederajat maksimal 45 siswa tiap satuan Pendidikan
4.
Pelaksanaan AKM untuk guru dan kepala satuan Pendidikan waktunya lebih fleksibel sekitar 2 minggu
untuk menjawab instrumen. Pemberian instrumennysa siih satu waktu tetapi untuk
jawabannya lebih fleksibel. Semntara jadwal AKM untuk siswa jadwalnya sdh
ditentukan oleh mendikbud
5.
RTL setelah asesmen
1.
Hasil asesmen akan diberikan kepada sekolah masing-masing dari. Kementrian
2.
Sekolah wajib melakukan perbaikan dan refleksi diri dari hasil asesmen tersebut
3.
Sekolah memperbaiki "kekurangan" Berdasarkan informasi yang
diperoleh.
4.
Target nya : mutu pendidikan mengacu
kepada SNP dgn basis pendidikan 4.0
Assalamualaikum
wr wb
Nama
: Nova
Prop
: Bengkulu
Kota : Curup
Kapan
kita sebagai guru dalam kegiatan ini belajar untuk dapat membuat soal soal berbentuk AKM ?
Sehingga
kita dapat melatih anak anak setidaknya terbiasa menganalisis soal seperti soal
soal AKM.
Tambahan
:
Untuk
Nilai pada ijazah, sumber nilai yg mana yg kita olah, dan kita isikan pada
lembar ijazah ?
Untuk
Uji kompetensi pada siswa SMK, masih dilaksanakan apa tidak ?
Jawaban
1.
Belum ada diklat pelatihan cara menulis
soal AKM. Soal yang akan diujikan merupakan hasil kerjasama kemdikbud dengan lembaga khusus yang memiliki
irisan dengan PISA.
Adapun
yang bisa diajarkan guru kepada siswa terkait soal AKM adalah pemahaman konsep dlm Menjawab soal. Bukan
pengetahunnya. Sebagai bahan kajian pada file yang sdh dishare bnyk contoh soal
AKM.
2. Untuk nilai ijasah sumbernya dari hasil penilaian jenjang akhir sekolah yang diselenggarakan oleh masing masing sekolah yang bersangkutan
3. Untuk uji kompetensi siswa SMK dikembalikan lagi kepada kebijakan sekolah
Wassalam
Encon
rahman
Sebagai
rencana tindak lanjut dari program ini
Silakan
rekan rekan
membaca,
mengkaji dan menganalisis contoh soal AKM dari file yang sdh di share ya๐๐
Tdk
ada ujian nya๐
Hanya
membaca mengkaji dan menganalisis seluruh file yang sdh di share
Silakan
kebijakan kelulusan dikembalikan ke sekolah masing masing...
Ujian Sekolah dikembalikan sekolah mau dilaksanakan apa tidak.
Pertanyaannya.
Standar Kelulusan Siswa secara Nasional.. apakah dimerdekakan juga ?
Bukankah
banyak faktor perbedaan antar daerah, apakah nanti dengan merdeka belajar ini
akan ada sekolah yg merdeka ?
1.
Standar kelulusan siswa secara nasional menurut mas menteri dikembalikan kepada
sekolah masing masing
No comments:
Post a Comment