Tuesday, December 29, 2020

Asesmen Nasional ? Gambaran Teknis pelaksanaan dan Agenda Akhir di semua jenjang .

Ujian Nasional VS Asesmen Nasional

Mulai tahun 2021, akan diadakan Asesmen Nasional untuk jenjang SD/MI sampai SMA/SMK/MA, Walaupun disebut Pengganti Ujian Nasional, Asesmen nasional Berbeda sekali dengan Ujian Nasional atau USBN.

Asesmen Nasional 2021 adalah pemetaan mutu pendidikan pada seluruh sekolah, madrasah, dan program keseteraan jenjang sekolah dasar dan menengah. AKM dirancang untuk mengukur capaian peserta didik atau siswa dari hasil belajar kognitif yaitu literasi dan numerasi.

Berikut ini adalah gambaran singkat tentang Asesmen Nasional dan Teknis Pelaksanaan Agenda Akhir untuk Jenjang SD/MI- SMA/SMK/MA. Gambaran singkat ini penulis dapatkan saat mengikuti Bimbingan dan Pelatihan Asesmen Nasional 2021 dengan Nara Sumber : Encon Rahman, Beliau adalah salah satu guru dengan prestasi Juara 1 Guru Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2016 dan salah satu guru penerima penghargaan internasional dari pemerintah Thailand. Berikut ini hasil tanya jawab dengan narasumber :

Nama : Dzakirul Husni

Provinsi : Kalimantan Timur

Pertanyaan :

Untuk Jenjang SD mekanisme pelaksanaan agenda akhir kelas 6 bagaimana kang ?

Jawaban

1. Agenda akhir kelas 6 sama dgn tahun sebelumnya

2. Jika sekolah akan mengadakan ujian sekolah untuk kelas 6 dipersilahkan.

Nama saya Saibah yang mau ditanyakan  apa yang melaatar belakang i kebijakan asesmen Nasional  tahun yang lalu

Jawaban

Yang melatar belakangi asesmen tahun lalu lebih fokus kepada kebijakan pendidikan secara makro. Sedangkan yang melatarbelakangi asesmen tahun ini. Lebih kepada kebijakan merdeka belajar

Nama: Nurhaida

Propinsi : Riau

Pertanyaan:

Dengan pelaksanaan Asesmen apakah dapat meningkatkan mutu pendidikan siswa, bagaimana cara mengukur kompetensi siswa .🙏terima kasih

Jawaban

Asesmen merupakan pemetaan untuk mengukur mutu pendidikan bukan mengukur personal siswa. Asesmen nasional adalah  cara mendiagnosa mutu pendidikan.

Cara mengukur  kompetensi siswa  yaitu dengan AKM.

Sedangkan untuk mengukur mutu pendidikan yakni

1. AKM

2. Survei karakter

3. Survei lingkungan belajar


Nama: Yohana Bana.

Propinsi : NTT

Pertanyaan:

Jika tidak ada ujian Nasional,bagaimana cara penilaian akhir untuk siswa SMP melanjutkan ke jenjang berikutnya Pak ?

Nama : Afriyanti Ningsih

Propinsi    :Jawa Barat

Kab             : Bekasi.

Pertanyaan:

1.Jika tidak ada UN. Apa fungsi assesmen bagi siswa SMA dan SMK?

2.Apakah ada perbedaan asesmen pada SMK yang masa belajarnya 4 tahun, padahal selama ini mereka sudah ada uji kompetensi sesuai bidang keahlian mereka.

Jawaban

1. Fungsi asesmen bagi siswa SMA dan SMK adalah untuk mendiagnosa mutu pendidikan

2.tidak ada perbedaan.

Nama  siti rejeki

Provinsi jakarta

Pertanyaan : Kata Minimum mengacu

kepada tidak semua konten

di dalam kurikulum diukur di

dalam AKM.. Itu berarti tidak semua mata pelajaran diukur dengan AKM

Jawabannya

Benar. Tdk semua konten  dalam Kurikulum diukur dlm AKM. Yang. Menjadi konten ukuran AKM hanya literasi dan numerasi saja.

Nama: Tri sutrisno

Propinsi: kepri

Pertanyaan:

Bagaimanakah cara menentukan nilai kelulusan siswa kelas 6, jika memang ada Soal AKM. Bagaimanakah bntuk AKM tersebut?

Jawaban

Cara menilai kelulusan kelas 6

Jawaban

Bentuk instrumen AKM sebagai berikut.

Nama   : Nova Susanti

Provinsi : Bengkulu

Pertanyaan :

Bila anak yg diujiankan sebanyak 45 siswa per sekolah, apakah ini sudah mewakili untuk jadi alat ukur mutu sebuah sekolah ?

Jawaban

Sudah mewakili sebagai sampel sebuah instrumen asesmen nasional

Nama : Minah

Provinsi : DKI Jakarta

Pertanyaan :

1. Klo pd USBN pertanyaan mengukur kognitif peserta didik, bgmn standar pengukuran pd asesmen ?

2. Bentuk butir soal asesmen berupa pertanyaan atau pernyataan ?

3. Apakah tindak lanjut hasil asesmen peserta didik ?

Jawaban

1. Standar pengukuran pada asesmen juga sama kognitif tetapi bedanya lebih kepada pemahaman konsep  bacaan dan kampuan pada mengaplikasikan konsep hitung

Jawaban

2. Bentuk butir soal asesmen kedua duanya. Bisa dicek contohnya pada file yang sdh dibagikan

3. RTL dari asesmen nasional adalah untuk memperbaiki mutu pendiikan

Nama : Kismawati

Provinsi : Sumatera Barat

Pertanyaan: Ketika adanya USBN dan UN, nilainya dituliskan dalam SKHUN dan Ijazah dan digunakan sebagai syarat untuk melanjutkan Pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Bagaimana pula dg asesmen ini Kang, apakah Ijah juga akan diganti dengan bentuk yang lebih sederhana sebagaimana halnya RPP ?

Jawaban

1. Model ijasah tdk berubah

 Masih tetap modelnya seperti yang lama.

2. Untuk penilaian yang akan ditulis di SKHUN dikembalikan lagi kepada  kebebasan sekolah masing masing. Cara memberi nilainya bisa via  ujian  sekolah secara mandiri, tes tertulis, portopolio dll sebagai mana saya paparkan di atas

Nama : Putri Rudi Yuli S.

Provinsi : Jawa Timur

Pertanyaan: Ketika USBN tidak diwajibkan, maka bgmn tolak ukur dalam kelulusan?

Untuk siswa SMK, maka nilai apakah yg kiranya akan dituliskan dalam ijazah? 🙏🏻

Lalu apabila asesmen Nasional digunakan untuk mengukur mutu sekolah, apakah tidak ada pelatihan untuk guru dalam mempersiapkan AKM?

Jawaban

1. Tolak ukur dalam kelulusan  siswa tingkat akhir dikembalikan lagi kepada sekolah masing-masing. Tdk ada keseragaman dalam menentukan tolak ukur kelulusan sekarang. Ini. Istilah mas menteri merdeka belajar. Merdeka dalam Menentukan kebijakan kelulusan berdasarkan masing masing sekolah.

2. Untuk siswa SMK nilai yang akan dituliskan dalam ijasah sama seperti tahun sebelumnya. Karena asesmen nasional ini akan dilaksanakan pada pertengahan tahun pembelajaran bukan pada akhir tahun pembelajaran.

3. Tidak ada pelatihan untuk guru dalam mempersiapkan AKM

Assalamualaikum.

Nama: Afriyanti Ningsih

Prop  : Jabar

Kab    : Bekasi

Kang, jika mendengar uraian ini, bisa kah diambil satu kesimpulan bahwa penilaian kelulusan siswa, hampir sama dengan un atau uasbn, hanya untuksoal disesuaikan dengansekolah masing2.

Jika salah pemahaman saya, tolong diluruskan.

Jawaban

Betul. Model kelulusan siswa tahun ini dipersilahkan kepada masing-masing sekolah.

Adapun model ujian kelulusannya dikembalikan lg ruhnya kepada sekolah.

Terima kasih untuk materinya 🙏🙏

Assalamualaikum.

Nama: Anna Astuti

Prop    : Jatim

Kota    : Batu

Sekitar 3 minggu yang lalu ada info dari kementrian pelaksanaan simulasi AKM secara serentak untuk yang kelas 9, tapi ketika anak-anak sudah di lab ternyata tidak jadi karena masih ada trouble dalam jaringan atau apa?? (maaf kurang begitu jelas🙏)

1) kapan dilaksanakan kembali untuk AKM tersebut ya???;

2) Jika memang peserta AKM dari siswa diambil secara acak, apakah ada persentase jumlah ketentuan??

3) Untuk mengukur AKM di satuan pendidikan guru juga mengikuti AKM tersebut, pelaksanaanya sebelum siswanya apa setelah siswanya???

Sekallg terima kasih Kang Encon

1. Betul seluruh sekolah di Indonesia beberapa waktu lalu giat melaksanakan gladi bersih AKM. Ada beberapa sekolah yang lancar ada juga yang belum lancar.

2. Jadwal AKM sebgai berikut.

3. Peserta AKM adalah siswa adapun aturannya sbb. Siswa SD/MI kelas 5 = 30 siswa. Siswa SMP SMA SMK dan sederajat maksimal 45 siswa tiap satuan Pendidikan

4. Pelaksanaan AKM untuk guru dan kepala satuan Pendidikan  waktunya lebih fleksibel sekitar 2 minggu untuk menjawab instrumen. Pemberian instrumennysa siih satu waktu tetapi untuk jawabannya lebih fleksibel. Semntara jadwal AKM untuk siswa jadwalnya sdh ditentukan oleh mendikbud

5. RTL setelah asesmen

1. Hasil asesmen akan diberikan kepada sekolah masing-masing dari. Kementrian

2. Sekolah wajib melakukan perbaikan dan refleksi diri dari hasil asesmen tersebut

3. Sekolah memperbaiki "kekurangan" Berdasarkan informasi yang diperoleh.

4. Target nya : mutu pendidikan  mengacu kepada SNP dgn basis pendidikan  4.0

Assalamualaikum wr wb

Nama : Nova

Prop : Bengkulu

Kota : Curup

Kapan kita sebagai guru dalam kegiatan ini belajar untuk  dapat membuat soal soal berbentuk AKM ?

Sehingga kita dapat melatih anak anak setidaknya terbiasa menganalisis soal seperti soal soal AKM.

Tambahan :

Untuk Nilai pada ijazah, sumber nilai yg mana yg kita olah, dan kita isikan pada lembar ijazah ?

Untuk Uji kompetensi pada siswa SMK, masih dilaksanakan apa tidak ?

Jawaban

1. Belum ada diklat pelatihan cara menulis  soal AKM. Soal yang akan diujikan merupakan  hasil kerjasama  kemdikbud dengan lembaga khusus yang memiliki irisan dengan PISA.

Adapun yang bisa diajarkan guru kepada siswa terkait soal AKM adalah  pemahaman konsep dlm Menjawab soal. Bukan pengetahunnya. Sebagai bahan kajian pada file yang sdh dishare bnyk contoh soal AKM.

2. Untuk nilai ijasah sumbernya dari hasil penilaian jenjang akhir sekolah yang diselenggarakan oleh masing masing sekolah yang bersangkutan

3. Untuk uji kompetensi siswa SMK dikembalikan lagi kepada kebijakan sekolah

Wassalam

Encon rahman

Sebagai rencana tindak lanjut dari program ini

Silakan rekan rekan

membaca, mengkaji dan menganalisis contoh soal AKM dari file yang sdh di share ya🙏🙏

Tdk ada ujian nya😂

Hanya membaca mengkaji dan menganalisis seluruh file yang sdh di share

Silakan

kebijakan kelulusan dikembalikan ke sekolah masing masing...

Ujian Sekolah dikembalikan sekolah mau dilaksanakan apa tidak.

Pertanyaannya.

Standar Kelulusan Siswa secara Nasional.. apakah dimerdekakan juga ?

Bukankah banyak faktor perbedaan antar daerah, apakah nanti dengan merdeka belajar ini akan ada sekolah yg merdeka ?

1. Standar kelulusan siswa secara nasional menurut mas menteri dikembalikan kepada sekolah masing masing

2. Setuju bnyk faktor perbedaan antar daerah. Sekolah yang merdeka tentu dlm koridor tertentu. Bukan berarti kita bebas sebebasnya. Karena kita tetap memiliki kiblatnya dlm menentukan kebijakan pendidikan ini yakni UU dan permendikbud

No comments:

Post a Comment

Entri yang Diunggulkan

Asesmen Nasional ? Gambaran Teknis pelaksanaan dan Agenda Akhir di semua jenjang .

Ujian Nasional VS Asesmen Nasional Mulai tahun 2021, akan diadakan Asesmen Nasional untuk jenjang SD/MI sampai SMA/SMK/MA, Walaupun disebut ...

Popular Posts